Khutbah Idul Fitri 2024: Pesan Kemanusiaan dan Kesucian

Setelah melaksanakan salat Idul Fitri, disunahkan untuk mendengarkan khutbah Idul Fitri. Khutbah ini dilakukan seperti yang Rasulullah SAW contohkan. Meskipun salat dan khutbah Idul Fitri bersifat terpisah yang tidak mensyaratkan satu sama lain, mendengarkan khutbah setelah salat menjadikan rangkaian salat Idul Fitri lebih sempurna


Berikut beberapa contoh khutbah Idul Fitri singkat yang menyentuh hati:

  1. Khutbah Idul Fitri Pertama
    • Pertama-tama, kita ucapkan syukur kepada Allah SWT atas nikmat-karunia yang telah kita terima, yang tidak terbilang banyaknya.
    • Kita mohon bimbinganNya, karena barangsiapa dibimbing Allah maka tiada seorang pun mampu menyesatkannya, dan barang siapa disesatkan Allah, maka tiada seorang pun mampu membimbingnya.
    • Kita saksikan bahwa tiada suatu tuhan apapun selain Allah, Tuhan Yang Maha Esa, Al-Ahad, yaitu Tuhan yang sebenar-benarnya.
    • Dan kita saksikan bahwa Muhammad adalah utusan Allah dan hamba-Nya.
    • “Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa, dan jangan sampai kamu mati kecuali kamu adalah orang-orang yang berserah diri, tunduk patuh Kepada-Nya.” (QS Ali-Imran ayat 102)
    • Inilah hari raya kita semua. Hari raya kemanusiaan universal, hari raya kesucian primordial manusia, hari raya fitrah, hari raya manusia sebagai makhluk yang hanif, makhluk yang merindukan kebenaran dan kebaikan, yang berbahagia karena kebenaran dan kebaikan. Hari raya puncak perolehan keruhanian kita setelah berpuasa selama sebulan, hari raya kembali ke fitrah, kesucian asal ciptaan Allah untuk manusia, Idul Fitri.

Semoga kita semua dapat merayakan Idul Fitri dengan penuh syukur, kebersamaan, dan pengampunan. Selamat Hari Raya Idul Fitri!

|
Tinggalkan Komentera sini...
Terima kasih Komentarnya
Lebih baru Lebih lama